Selasa, 07 April 2015

KEMATIAN ,ADALAH HARGA MATI

 Lalu ada lagu lama dr grup musik Alphaville ,forever young dan who want to love forever dr Freddi mercuri si vocalisnya dr grup musik Queen ,dan celakanya si Freddi ini mati juga lantaran terserang virus HIV atau di knl dengan Aids .
 Maka kita akan kaget dan benggong ketika mendengar sebuah berita tentang teman sekampus yg bbrp saat lgi akn memakai toga kesarjanaan meninggal dunia dgn tiba" tanpa memberitahu sebelumnya . Kita semua berkomentar . " kasihan dia ya , padahal dia sebentar lagi akan di wisuda " .
 Yang perlu di tekankan di sini adalah siapa yg tahu kapan kita akn menyusulnya dan waktu bagaimana kita akn menghadapNya . Dan yg pasti , kematian niscaya menjemput kita .
Secara umum manusia akn ketakutan pada kematian , pertanyaan timbul adlh kenapa manusia takut pada kematian ??? Mungkin jawabannya bisa bermacam-macam ,tapi yg jlas dengan datangnya kematian maka terputuslah segala mcm kesenangan dunia .
 Setelah kematian tidak ada lagi lezatnya ras soto Lamongan ., rasa pecel Kediri atau pun ayam bakar Wong Solo yg terkenal itu .
 Tak ada lagi bagaimana sejuta rasa ketika pemuda lagi jatuh cinta pada gadis anak Pak Lurah yg imut . Atau seorg gadis yg datang kepincut pada ustadz muda berkumis dan berjenggot tipis .
 Semua akan sirna dan lenyap bagai di telan bumi yg tidak akn kembali lagi .
 Bayangkanlah ketika ajal menjemput , kita di usung pakai keranda dlm keadaan kaku tak berdaya . Pelan- Dan pasti setelah itu di turunkan ke lubang dg ukuran 1x2 meter dgn kedalaman 2 meter . Di dlm lubang sana , terlentang sendirian tanpa tmn , tanpa org yg kita cintai , tanpa spring bed yg empuk dan tanpa musik pengiring ketika kita akn tidur di kamar .
 Sungguh sangat wajar , jika mampu kematian harus dihindari . Seumpama kematian adalah sebuah peluru , kita bisa pake jaket anti peluru atau seandanya kematian sebuah anak panah , kita bisa menangkisnya dengan sekuat tenaga .
 Akan tetapi kematian bukanlah itu semua . Ia tidak berwujud apa-apa selain wujudnya sendiri .
 Kematian juga menjadi bukti kalau manusia itu lemah .
 Manusia hanya makhluk yg tunduk pada kekuasaan Allah SWT .
 Kehidupan itu ada batasan nya yaitu kematian .
 Sebenarnya takut pada kematian tidaklah pada tempatnya . Karena takut ataupun tidak , kematian pasti datang . Firman Allah dlm surat An-Nisa' , " Dimana saja kamu berada , kematian akn mendapatkan kamu , kendatipun kamu di dlm benteng yg tinggi lagi kokoh " . ( QS.An Nisa'4;78 ) .
 Dari ayat diatas ,menolak kematian juga artinya .Kemanapun kita lari , sekuat tenaga apapun kita berusaha , tidak akn sanggup melawan kematian ,Sang pemisah kenikmatan hidup didunia dgn manusia .
 Yaqin saja , ajal itu bisa datang kapan saja , tidak pandang bulu kaya atau miskin , tua atau pun muda ,cantiik ataupun tidak .
 Bisa saja kita sedang berkumpul dgn kluarga , ketika kita sedang brrkumpul dg tmn satu kontrakan , sedang tidur , sedang berjln di mall ,naik kendaraan , ketika sedang sholat ,bca Al Qur'an , hanya saja jgn sampai ketika kita sedang maksiat 
( na'udzubillah )
 Salah satu prjalanan yg bisa kita ambil untuk selalu ingat akn kematian adalah mengantarkan saudara kita , tmn kita , istri kita , tetangga sebelah yg meninggal .
 Dengan begitu kita bisa menghayati dgn khusu' makna dri kematian .
 Hari ini dia , mungkiinkah esok atau lusa kita yg akn menyusulnya di Alam Barzah ???
 " Orang yg cerdik adalah yg menyiapkan dirinya dan beramal untuk setelah kematian ;, sedangkan orang yg bodoh adalah org yg mengikuti hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah " . ( HR.Ibnu Majah ) .
Wallahu Allah 'lam bi showab .