Senin, 07 April 2014

Bagaimana Bersholawat Yg Benar



Bagaimana Bersholawat Yg Benar Kepada Rasulullah SAW ?
"Barang Siapa yg Mengucapkan Sholawat Kpd KU 1.Kali. Maka ALLAH MEngucapkan Sholawat Kepadanya 10.Kali,"(HR.Muslim no.408)
Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW Merupakan Salah Satu Ibadah yg Sangat Agung,ia Termasuk dlm amalan" Ringan yg Sangat Besar Pahala dan keutamaannya.
Seorang Muslim yg Setia dan Mencintai NABI SHALALLAHU'ALAIHI WA SALLAM Dgn Baik dan Benar Akan Senantiasa Memperbanyak Sholawat dan Salam Kpd BELIAU Sesuai dgn yg di ajarjan dan dicontohkan OLeh BELIAU.

Nah,Bagaimana Cara Bersholawat yg Benar Kepada NABI ?
Pertama:Nabi Shalallahu'Alaihi wa Sallam,yg ketika Nama Tersebut di Sebut Maka kita dianjurkan Untuk Membaca Sholawat,Adalah Semua Nama dan Gelar BELIAU,TerMasuk Kun-yah Beliau.(Nama Lain yg di awali dgn "Abu" Atau "Ummu") Seperti Nabi,Rasul,Rasulullah,Muhammad,Abul Qasim (Kun-yah Beliau).Nabiyullah,Atau yg Lainnya.
Kedua:Cara Bersholawatvyg Benar Adalah dgn Mengikuti Cara Nabi Shalallahu'Alaihi wa sallam Namun,Ada Beberapa Keadaan yg Menyebabkan
Bersholawat Menjadi wajib atau Sunnah diantaranya:

1.ketika Tasyahud Akhir,Wajib Untuk Bersholawat.
2.Ketika Dlm Majelis (Berkumpulnya Untuk Mengobrol) Wajib Untuk Bersholawat,Menurut Sebagaian Ulama.
3.Ketika Hari Jum'at:dianjurkan Memperbanyak Sholawat.
4.Selesai Mendengar Adzan:Dianjurkan Untuk Bersholawat.
5.Ketika Berdo'a:dianjurkan Untuk Mengawalinya Atau Mengakirinya dgn Sholawat.
Ketiga Lafal salawat yg Paling Ringkas dan Sesuai Sunnah,Disebutkan Dlm Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim," dari ka'ab Bin Ujrah Radhiallshu 'Anhu,Bahwa Sahabat pernah Bertanya,"
wahai Rasulullah,Kami Telah Memahami Tata Cara Memberi Salam Kepada Anda, Lalu Bagaimana Cara Memberi Salawat Kpd Anda?
Nabi Shalallahu'Alaihi Wa Sallam Bersabda:
Ucapkanlah,"

ALLAHUMMA SHALLI'ALA MUHAMMADIN,WA'ALA AALI MUHAMMAD,KAMAVSHALLAITA'ALA AALI IBRAHIM,INNAKA HAMIIDU MAJID,ALLAHUMMA BAARIK'ALA MUHAMMADIN WA'ALA AALI MUHAMMAD,KAMA BAARAKTA'ALA AALI IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJID.
Keterangan:
1.Sholawat ini disebut dgn "Salawat Ibrahimiyah,"

2.Ini Adalah salawat Terbaik Karena Nabi Shalallahu'Alaihi wa sallam yg Mengajarkanya Sendiri kpd Para Sahabat.ALLAHU A'LAM
SUBHANALLAH
Semoga ALLAH Memuliakan kita Sebab kita Memuliakan Rasulnya,dan Mencintai Serta Melaksanakan Sunnah"BELIAU Sampai Akhir Hayat Aamiin…