Rabu, 07 Oktober 2009

PERBEDAAN PANDANGAN

Dalam hidup ini antara yang benar dan salah itu kadang sangat tipis perbedaannya. Menurut orang lain benar, belum tentu benar menurut kita. Begitu juga sebaliknya. Jadi, dalam hidup ini adakalanya kita juga harus bersikap fleksibel, tidak boleh kaku dan selalu menggunakan standar benar menurut pandangan kita sendiri. Sehingga kita selalu menolak hal yang benar dari luar. Dengan demikian hidup kita sudah dalam kesalahan pun kita tidak menyadarinya, semata-mata ketidak mauan kita menerima pandangan dari orang lain.
Jangan takut untuk membuka mata dan hati kepada setiap kebenaran yang datang dari luar, walaupun mungkin pada awalnya sangat bertentangan dengan pandangan kita.
Dan sebaliknya kita pun tidak boleh menggunakan standar benar kita untuk menekan orang lain agar mau mengikuti pandangan kita. Sehingga timbul yang namanya pemaksaan, yang kemudian berujung pada namanya tidak benar. Walaupun itu benar, kalau sudah dipaksakan akan menjadi tidak benar! Karena sesuatu yang menurut kita ‘tidak benar’ pun kalau kita tidak mempermasalahkannya, tetap bisa menjadi sesuatu yang benar.

Tidak ada komentar: